by

Bakmi Jawa Enak di Sleman, Yogyakarta

Kuliner kota Yogyakarta memang tidak pernah habis. Kali ini, giniaja.com akan membahas salah satu warung bakmi Jawa yang wajib kamu coba. Bakmi Jawa Enak ini berlokasi di Sleman, Yogyakarta. Tepatnya, di Jalan Sidomoyo Cebongan Kidul Tlogoadi Mlati, Sleman. Namanya, Warung Bakmi Nia.

Warung Bakmi Nia Sleman Cukup Terkenal, Banyak Turis Luar Daerah

Warung Bakmi ini sebenarnya terhitung baru, karena mulai buka sejak tahun 2001. Walau masih baru, tapi saat kami datang pukul 20.00 lebih, petugas parkir langsung mengingatkan bahwa kemungkinan kami harus menunggu satu jam lebih.

Akhirnya, karena sudah jauh-jauh ke daerah Mlati, Cebongan dari Kaliurang, kami akhirnya pasrah menunggu. Terlihat hampir semua pelanggan mengendarai mobil dan rata-rata berplat nomor dari luar Yogya.

Namanya Warung Bakmi Nia. Letaknya sih dekat dengan Polsek Mlati. Tidak perlu khawatir, waktu mencari Bakmi Nia, kami pun dengan mudah menemukannya di google map. Titik lokasinya sudah tepat.

Lokasi Warung Bakmi Nia – Cebongan, Sleman – ini link lokasi nya!

Bakmi Nia Gurih Istimewa

Namanya juga warung, bukan restoran, jadi tempatnya sangat sederhana. Tapi, cukup luas dan nyaman. Ada area outdoor seating, tepat di samping “dapur” Bakmi Nia. Sisanya ada beberapa meja yang memuat 4 orang sampai 6 atau 8 orang dan lesehan.

Yang menariknya dari Warung Bakmi Nia, selain penggunaan arang dalam proses memasak, yaitu penggunaan ayam kampung dan telur bebek. Makanya, Bakmi Nia ini menghasilkan rasa yang gurih dan istimewa dibanding dengan Bakmi Jawa yang lain.

Waktu itu kami memesan Bakmi Kuah (Godhog) dan Bakmi Goreng. Begitu menyeruput kuah hangat, rasanya gurih, kental dan wangi. Begitu juga dengan Bakmi Gorengnya. Telur bebek di bakmi gorengnya tercampur merata membalut setiap helai mie. Nikmat!

Bakmi Godhog Kuah - Bakmi Nia Yogyakarta
Bakmi Godhog – Warung Bakmi Nia, Yogyakarta

Harga Warung Bakmi Nia Sangat Mengejutkan

Nah, Warung Bakmi Nia ini bukan hanya menyajikan Bakmi ya! Tapi ada nasi goreng juga. Lalu, uniknya, untuk minuman semuanya menggunakan gula batu jadi kesan tradisional-nya sangat mengena.

Untuk harga, benar-benar membuat kami bersyukur sekaligus terkejut. Seporsi Bakmi dihargai Rp. 14.000 dan kalau kamu penggemar pete, kamu boleh minta ditambahkan pete dan seporsian nasi goreng atau bakmi akan dihargai Rp.20.000.

Oh ya, disini pedasnya bisa kamu request. Waktu itu sih kami meminta pedas sedang, tapi ternyata cukup kepedesan! Cabe merah yang digunakan berwarna merah kekuningan dan cukup banyak. Bagusnya sih kamu minta dulu pedasnya sedikit saja, takut kebablasan.

Selain itu, yang perlu kamu tahu adalah Bakmi Jawa di Warung Bakmi Nia ini langsung menggunakan campuran bihun dan mie kuning. Begitu juga kalau nasi goreng yang dicampur Mie/Bihun, disebutnya Magelangan. Biasanya, orang Jakarta menyebutnya “Mawut”. Jadi, kalau tidak suka bihun, harus disebutkan dari awal ya!

Bagaimana? Tertarik mencoba Bakmi Nia saat berkunjung ke Yogyakarta? Warung Bakmi Nia buka mulai pukul 17.00 sampai habis. Pastikan kamu tidak terburu-buru ya, karena disini biasanya harus mengantri.

Comment

News Feed