by

Rabu Ngelmu Bersama Dekranasda Jabar: Manfaat Bermain Clays Bagi Anak

Sekolah Kristen Yahya kembali ikut menjadi peserta workshop Dekranasda Provinsi Jawa Barat. Acara Rabu Ngelmu (28/6/2019) yang diselenggarakan di Area Cafe Dekranasna Jabar Jl. Ir. H. Djuanda no.19, Bandung ini di ikuti juga oleh kaum difabel dari Sekolah Biruku Indonesia.

Berbeda dengan Rabu Ngelmu episode 2 yang pesertanya didominasi oleh ibu-ibu, kali ini giliran adik-adik yang berkunjung untuk mengamati beragam kerajinan Jawa Barat yang ada di Dekranasda Jabar. Adik-adik dari SDK Yahya tampak antusias mengikuti arahan dari Ibu Yuili Regawati dan Ibu Elly Yulia dari Bidang Kreatif Dekranasda Jabar mengenai kerajinan clays.

Bermain Clays Bermanfaat Bagi Anak

Ternyata, bermain clays bersama anak banyak manfaat-nya! Selain mengasah kreativitas anak, simak beberapa manfaat lainnya berikut ini:

  • Mengembangkan kemampuan motorik halus. Gerakan mengepal, meremas, memijit, menekan saat membentuk clays akan melatih dan memperkuat otot halus pada anak.
  • Mengenal konsep warna. Anak-anak dapat mengenal warna karena mereka bebas membentuk warna yang baru dan mencampurkan warna-warni sesuai keinginan mereka.
  • Menambah konsentrasi. Ternyata, bahan clay yang lembut dan warna-warni nya dapat mengurangi tingkat stress anak. Dengan bermain clays sambil duduk, anak juga diajarkan fokus, berkonsentrasi dan bersabar untuk menyelesaikan tugas.
  • Memperluas wawasan dan pengetahuan. Anak tidak hanya menerima bentuk yang sudah ada, tapi anak diajarkan untuk mengetahui bagaimana membuat suatu bentuk.
  • Mengembangkan imajinasi dan fantasi. Imajinasi anak yang ia pikirkan akan dituangkan dalam bentuk clay yang dibuatnya.
  • Mendorong kepercayaan diri. Saat anak membuat beragam bentuk “suka-suka” dengan clay, maka ia akan merasa percaya diri untuk mengkomunikasikan maksudnya. Saat anak belajar mengekspresikan diri, ia akan termotivasi untuk membuat sesuatu yang lebih baik lagi.
  • Menimbulkan rasa bangga atas pencapaiannya. Saat anak berhasil membuat sebuah karya, timbul rasa bangga, makanya orang tua tidak boleh segan untuk memuji pencapaian anak.

Demikianlah kabar kegiatan yang baru saja diikuti siswa-siswi SDK Yahya. Semoga pengalaman membuat clays kali ini berkesan! Sekarang, Anda pasti jadi tertarik mengajak anak Anda bermain clays di rumah.

Comment

News Feed